# Navigation

Materi Soal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Analis Keimigrasian

Materi Soal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Analis Keimigrasian

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Kemenkumham telah selesai dilaksanakan dari tanggal 11 s.d. 16 September. Selanjutnya peserta yang dinyatakan lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) harus mengikuti Seleksi Kompentensi Bidang (SKB).

Lihat pengumuan Hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Kemenkumham untuk Dokter dan Sarjana disini.


Pada tahapan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk Dokter dan Sarjana terdiri dari Tes Substansi Jabatan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dengan bobot 50% dan 50% lainnya adalah Tes Wawancara. Sebagai persiapan jika nantinya teman-teman dinyatakan lulus SKD silahkan baca tips menghadapi tes wawancara dan hal-hal yang perlu dihindari pada saat tes wawancara. Untuk teman-teman yang mengambil jabatan pengelola IT atau pranata komputer silahkan lihat contoh soal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk pengelola IT di sini.

Untuk formasi jabatan Analis Hukum, jabatan Pemeriksa Merek Pertama dan Pembimbing Kemasyarakatan Pertama silahkan lihat materi SKBnya disini. Dan teman-teman yang mengambil formasi jabatan Penjaga Tahanan silahkan lihat materi SKB Penjaga Tahanan disini.

Selain itu saya juga akan membagikan kisi-kisi tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk formasi jabatan Analis Keimigrasian Pertama Kementerian Hukum dan Ham. Saya tidak membagikan contoh soal Tes Komptensi Bidang (SKB) Kemenkumham karena pada penerimaan CPNS Kemenkumhan di tahun-tahun sebelumnya SKB Kemenkumham menggunakan Psikotest. Akan tetapi pada tahun ini tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Kemenkumham akan dilakukan menggunakan CAT dengan materi substansi jabatan maka bisa dipastikan Kemenkumham tidak lagi menggunakan Psikotest.

Materi soal ini saya rangkum dari berbagai sumber yang berkaitan dengan Kementerian Hukum dan Ham dan secara khusus Keimigrasian. Materi soal Kompetensi Bidang ini juga saya sesuaikan dengan tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Kementerian Kesehatan yang juga menggunakan materi substansi jabatan. Silahkan pelajari materi-materi berikut:

- Visi Misi Kemenkumham dan Direktorat Jenderal Imigrasi
- Tugas dan Fungsi Keimigrasian (Contohnya yang ada di dalam kotak abu-abu)
- Kode Etik Pegawai Imigrasi
- Berita terbaru seputar Keimigrasian (Contohnya yang ada di dalam kotak coklat muda)
- Layanan Publik Imigrasi (Contohnya yang ada di dalam kotak merah muda (peach) dibawah)

- Permen Kemenkumham Tentang Jabatan Analis Keimigrasian (Download Disini)
- Baca Materi Kemenkumham Disini (Pilih Yang Sesuai Dengan Jabatan Yang Dilamar)

Tips Mencari Materi Analis Keimigrasian:
- Untuk materi mengenai keimigrasian silahkan buka web imigrasi.
- Materi Kemenkumham download lewat link yang sudah saya sediakan di atas.
- Materi Tupoksi Analis Keimigrasian silahkan download lewat link yang sudah saya sediakan di atas
- Untuk berita-berita terbaru silahkan googling dengan keyword "berita imigrasi"