Kisi-Kisi Soal Tes Kompetensi Bidang (TKB) Analis Keimigrasian Pertama
Muh. Ashhar Bustan

Kisi-Kisi Soal Tes Kompetensi Bidang (TKB) Analis Keimigrasian Pertama

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Kemenkumham telah selesai dilaksanakan dari tanggal 11 s.d. 16 September. Selanjutnya peserta yang dinyatakan lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) harus mengikuti Seleksi Kompentensi Bidang (SKB).

Pada tahapan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk Dokter dan Sarjana terdiri dari Tes Substansi Jabatan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dengan bobot 50% dan 50% lainnya adalah Tes Wawancara. Sebagai persiapan jika nantinya teman-teman dinyatakan lulus SKD silahkan baca tips menghadapi tes wawancara dan hal-hal yang perlu dihindari pada saat tes wawancara.

Baca Juga: Lokasi Tes SKD CPNS Kemenkumham Untuk Dokter Dan Sarjana


Selain itu saya juga akan membagikan kisi-kisi tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk formasi jabatan Analis Keimigrasian Pertama Kementerian Hukum dan Ham. Saya tidak membagikan contoh soal Tes Komptensi Bidang (SKD) Kemenkumham karena pada penerimaan CPNS Kemenkumhan di tahun-tahun sebelumnya SKB Kemenkumham menggunakan Psikotest. Akan tetapi pada tahun ini tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Kemenkumham akan dilakukan menggunakan CAT dengan materi substansi jabatan maka bisa dipastikan Kemenkumham tidak lagi menggunakan Psikotest.

Petunjuk soal ini saya rangkum dari berbagai sumber yang berkaitan dengan Kementerian Hukum dan Ham dan secara khusus Keimigrasian. Materi soal Kompetensi Bidang ini juga saya sesuaikan dengan tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Kemenkes yang juga menggunakan materi substansi jabatan.

- Visi Misi Kemenkumham dan Direktorat Jenderal Imigrasi
- Tugas dan Fungsi Keimigrasian
- Kode Etik Pegawai Imigrasi
- Isu-isu terbaru seputar Keimigrasian

Baca Juga: Contoh Soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) Lengkap Dengan Jawabannya


  1. Jabatan Fungsional Tertentu adalah kedudukan yang menunjukkan tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak seorang Pegawai Negeri Sipil dalam suatu satuan organisasi yang dalam pelaksanaan tugasnya didasarkan pada keahlian dan/atau ketrampilan tertentu serta bersifat mandiri dan untuk kenaikan pangkatnya disyaratkan dengan angka kredit.
  2. Jabatan Fungsional Analis Keimigrasian adalah jabatan yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggungjawab, wewenang, dan hak untuk melakukan kegiatan analisis keimigrasian.
  3. Jabatan Fungsional Analis Keimigrasian Ahli Pertama adalah Jabatan Fungsional Analis Keimigrasian Pertama sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Analis Keimigrasian dan Angka Kreditnya.
  4. Analisis Keimigrasian adalah kegiatan pengidentifikasian dan penelaahan secara objektif dan sistematis terhadap lalu lintas orang yang masuk atau ke luar wilayah Indonesia serta pengawasannya yang meliputi, dokumen keimigrasian, pengawasan/intelijen, pengendalian rumah detensi imigrasi, pengelolaan informasi keimigrasian, lintas batas dan kerja sama luar negeri, serta penyidikan dan penindakan keimigrasian.
  5. Fungsi Keimigrasian adalah bagian dari urusan pemerintahan negara dalam memberikan pelayanan keimigrasian, penegakan hukum, keamanan negara, dan fasilitator pembangunan kesejahteraan masyarakat.
  6. Kantor  Imigrasi  adalah  unit  pelaksana  teknis  yang  menjalankan Fungsi Keimigrasian di daerah kabupaten, kota, atau kecamatan.
  7. Rumah Detensi Imigrasi adalah unit pelaksana teknis yang menjalankan Fungsi Keimigrasian sebagai tempat penampungan sementara bagi orang asing yang dikenai tindakan administratif keimigrasian.
  8. Tempat Pemeriksaan Imigrasi adalah tempat pemeriksaan di pelabuhan laut, bandar udara, pos lintas batas, atau tempat lain sebagai tempat masuk dan keluar wilayah Indonesia.
  9. Dokumen Keimigrasian adalah dokumen perjalanan Republik Indonesia dan izin tinggal yang dikeluarkan oleh pejabat imigrasi atau pejabat dinas luar negeri.
  10. Dokumen Perjalanan adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara, Perserikatan Bangsa-Bangsa, atau organisasi lainnya untuk melakukan perjalanan antarnegara yang memuat identitas pemegangnya.
  11. Pertemuan ilmiah di bidang keimigrasian yang dapat diikuti Analis Keimigrasian baik di dalam maupun di luar negeri meliputi:
    a. konferensi
    b. seminar
    c. lokakarya
    d. simposium
    e. diskusi panel
    f. kegiatan sejenis lainnya.

Lihat materi soal kompetensi bidang analais keimigrasian selengkapnya disini

Baca Juga: Contoh Soal Tes Intelegensi Umum CPNS Dan Pembahasannya


YANG LAIN:
Cari Artikel Lainnya Disini