Cara Membuat dan Memasang Favicon di Blog atau Website
Muh. Ashhar Bustan

Cara Membuat Dan Memasang Favicon Di Blog Atau Website

Apakah itu favicon? dan apa manfaat favicon? Jawabannya yaitu favicon adalah kepanjangan dari "Favorites Icon" yang merupakan icon atau logo untuk sebuah blog atau website yang letaknya ada di title bar.

Bagaimana cara membuat favicon? Namanya juga favicon alias favorites icon jadi tentunya kita harus menyediakan gambar dengan ekstensi .ico, tapi tidak perlu khawati karena sekarang sudah banyak website yang menyediakan layanan pembuatan favicon secara online, seperti yang saya gunakan yaitu melalui www.favicon-generator.org. Melalui website tersebut kita dapat membuat favicon untuk berbagia macam jenis browser baik itu untuk desktop maupun mobile smartphone seperti yang tertera pada pilihan yang ada di website tersebut.

Baca Juga: Karakteristik Bahasa Pemrograman JAVA


Halaman Favicon Generator

Untuk membuat favicon, sobat tinggal memilih file gambar/image yang ingin dijadikan favicon, kemudian tekan tombol "Generate Favicon". Selanjutkan akan muncul hasilnya seperti gambar dibawah. Klik tulisan 'Dowload the generate favicon' yang berwarna biru kemudian ekstrak hasilnya.

Favicon Generator

Bagaimana cara pasang favicon di blog atau website?

Baca Juga: Cara Membuat Library Template dan Memasang Template Pada Codeigniter


Caranya gampang sekali, sobat tinggal mengupload file favicon yang telah diekstrak tadi ke folder root blog atau website sobat. kemudian copy script atau tag html yang muncul dari hasil generate favicon seperti gambar di atas ke file HTML sobat, letakkan sebelum tag </head> seperti contoh dibawah:

<!DOCTYPE html>
<html lang="en">
<head>    
<title><?php echo $title;?></title>

<!-- Cara Memasang Favicon di Website -->
<link rel="icon" type="image/png" sizes="32x32" href="/favicon-32x32.png">

</head>
<body></body>
</html>

Umumnya diletakkan pada file index.php/index.html atau template sebuah blog/website.

 

Baca Juga: Tutorial Cara Memasang Syntaxhighlighter Pada Blog Atau Website


YANG LAIN:

Komentar

Cari Artikel Lainnya Disini