# Navigation

Struktur Program Aplikasi Java

Struktur Program Aplikasi Java

Program dalam bahasa Java bisa merupakan program aplikasi, yaitu program yang dijalankan hanya pada satu komputer pada suatu saat sebagai prlgram stand-alone, atau bisa berupa program applet, yaitu program yang bisa ditampilkan pada halaman Web, dipunggah kedalam suatu web browser.

Agar bisa menulis program Java diperlukan:
1. Sebuah komputer.
2. Program editor teks, seperti Notepad atau Dos Edit.
3. Atau program Java Editor, seperti JCreator, NetBeans atau Eclipse.
4. Perangkat lunak Java SDK (System Development Kit), Standard Edition atau J2SE, bisa didownload dari situs Sun MicroSystem.


Setiap Java SDK memuat platform Java yang terdiri atas dua bagian utama, yaitu:
1. JVM (Java Virtual Machine) untuk melakukan interpretasi terhadap file .class
2. Java API (Application Program Interface) yang memuat berbagai fasilitas atau pustaka fungsi untuk keperluan para pemrogram ketika menyusun sebuah program.

Program aplikasi dapat dijalankan melalui command prompt, sedangkan untuk menjalankan porgram applet diperlukan web browser seperti chrome, firefox dan lain sebagainya.
Struktur program aplikasi Java adalah sebagai berikut:


import java.nama_class.nama_fungsi;

class nama_program
{
 public static void main(String[] args)
 {
  //define variabel
  .....
  //instruksi-instruksi
 }
}

Contoh program aplikasi Java:


import java.io.*;

class HalloAshhar {
 public static void main(String[] args){
   System.out.println("Hallo Semua Teman Ashhar!");
 }
}

Kata import digunakan untuk memanggil pustaka fungsi yang tersedia, misalnya pada baris pertama dari program di atas tertulis import java.io.*; yang berarti memanggil kelas io (input-output) dari pustaka kelas Java. Kelas input-output diperlukan ketika dalam program terdapat instruksi untuk melakukan input (membaca data) atau melakukan output (menampilkan data).

Kata class harus mendahului semua program Java, karena semua program dalam Java didefinisikan sebagai suatu kelas. HalloAshhar adalah nama kelas yang diberikan pada program ini.

Program Java juga mengikuti aturan program terstruktur sehingga setiap bagian dari program yang berada dalam satu kesatuan logis harus berada diantara pasangan tanda { } (kurung kurawal). Oleh sebab itu definisi kelas harus berada di antara dua tanda kurung itu.