# Navigation

Cara Membuat Library Template dan Memasang Template Pada Codeigniter

Cara Membuat Library Template dan Memasang Template Pada Codeigniter

Alhamdulillah, berhubung kerjaan kantor udah beres jadi sekarang waktunya bisa buat ngeblog. Hari ini saya mau membahas tutorial cara memasang atau menggunakan template di Codeigniter. Dengan menggunakan library template ini teman-teman bisa memasang template manapun sesuka hati di Codeigniter. Saya bingung mau ngomong apa lagi mending langsung aja kita bahas caranya.

Pertama-tama kita buat sebuah library untuk template. Ketik listing program berikut menggunakan notepad++ atau sublime atau notepad.


<?php
class Template {
	protected $_ci;
	
	function __construct()
	{
		$this->_ci =&get_instance();
	}

	function display($template,$data=null)
	{
		$data['_content']=$this->_ci->load->view($template,$data, true);
		$this->_ci->load->view('template.php',$data);
	}
}

Simpanlah file di atas ke dalam folder /application/libraries dengan nama Template.php
Pada file Template.php kita mendeklarasikan fungsi "display()" yang akan kita gunakan pada Controller untuk menampilkan file View. Perhatikan pada fungsi display() terdapat sebuah variabel "data" dalam bentuk array yang memiliki key "_content". Variabel data ini gunanya untuk menampung View yang akan kita tampilkan. Setelah membuat library Templatenya berikutnya kita akan membuat View template. Untuk lebih jelasnya kita lanjutkan dengan contoh source codenya.

<!DOCTYPE html>
<html lang="en">
<head>
<meta charset="utf-8">
<meta http-equiv="X-UA-Compatible" content="IE=edge">
<meta name="viewport" content="width=device-width, initial-scale=1">

<title>Tutorial Template Codeigniter</title>
</head>

<body>
<header>
<p>Letakkan Semua Komponen Header Disini (Menu, Logo Header, dll)</p>
</header>

<section id="content">
<?php echo $_content; ?>
</section>

<footer id="footer">
<p>Letakkan Footer Disini</p>
</footer>
</body>
</html>

Simpan listing program di atas kedalam folder View (application/views) dengan nama template.php. Pada View template kita menampilkan variabel _content yang merupakan key indeks dari variabel "data" (perhatikan listing program library template) yang telah dideklarasikan pada library template untuk menampung file View yang akan kita tampilkan. Agar lebih jelas sebaiknya selanjutnya kita membuat Controller yang akan menjadi jembatan penghubung antara Library dan View template. Buatlah sebuah file .php dan ketikkan listing program berikut:


class Template extends CI_Controller {

public function __construct(){        
   parent::__construct();        
   $this->load->library('template');
}

function index(){
$data = array( 'title' => ‘Contoh penggunaan template pada Codeigniter’,
'isi' => 'Ini isi Contoh penggunaan template pada Codeinginter');              

$this->template->display('index',$data);    
}
}

Simpan listing program di atas dengan nama template.php ke dalam folder Controller (application/controllers). Sebelum kita lanjutkan terlebih dahulu kita akan membahas listing program di atas karena merupakan bagian yang sangat penting dalam menggunakan template pada Codeigniter. Untuk dapat menggunakan library template yang telah kita buat maka perlu deklarasikan atau kata lainnya perlu kita panggil terlebih dahulu. Cara memanggilnya bisa dilihat pada listing di atas di dalam fungsi konstruktor. Setelah kita memanggil library template selanjutnya adalah menggunakan library tersebut. Penggunaannya sangat mudah cukup dengan memanggil fungsi display pada library template. Perhatikan pada fungsi index(), secara umum untuk menampilkan View kita menggunakan perintah "$this->load->view('nama_view')" tetapi setelah menggunakan library template cara menampilkan View bisa dilihat pada file controller di atas, yang mana kita menggunakan fungsi display dari library template.

Sampai disini kita sudah berhasil membuat Library Template dan menggunakannya, selanjutnya teman-teman tinggal mencari template yang diinginkan dan lakukan costumize sehingga bisa diterapkan pada library template yang sudah kita buat termasuk template wordpress, contohnya template blog saya ini yang saya adopsi dari template colormag.