Cara Memasang Form Komentar Disqus di Codeigniter
Muh. Ashhar Bustan

Cara Memasang Form Komentar Disqus Di Codeigniter

Sebenarnya tulisan ini adalah artikel yang tertunda, karena kesibukan kantor yang jauh lebih penting, hehehe. Berhubung sekarang ada sedikit waktu jadi diteruskan dulu kalau ngga bisa mubassir. Disqus.com merupakan layanan moderasi komentar online. Layanan Disqus dapat kita gunakan secara gratis tanpa perlu membayar kompensasi apapun dan bahkan kita bisa menghasilkan uang dari Disqus. Saya sendiri memanfaatkan layanan disqus di blog ini. Selain gratis, cara menggunakannnya relatif mudah dan memiliki banyak fasilitas. Yang akan kita bahas disini yaitu cara memasang form komentar disqus di codeigniter.

Pertama-tama kita harus memiliki akun Disqus (daftar di sini), tenang ini juga gratis kok. Untuk proses daftarnya juga sangat mudah, cukup mengisi nama, email dan password kemudian tekan tombol signup setelahnya akan muncul pilihan "I want to comment on sites" dan "I want to install Disqus on my site". Karena kita ingin memasng komentar Disqus di Codeigniter maka pilih "I want to install Disqus on my site".

Baca Juga: Tutorial CSS: Membuat Tampilan Blog/Website Seragam di Semua Browser Dengan CSS RESET


Halaman Disqus Signup

Tahap selanjutnya yaitu membuat sebuah site. Isi nama website misanlnya "Ashharbustan.com" kemudian pilih kategori website Anda, apakah website Bisnis, Selebriti, Berita, Teknologi, Gaya Hidup atau Olahraga dan lain-lain kemudian tekan tombol "Create Site".

Mendaftarkan Website Ke Disqus

Setelah itu kita akan melewati tiga tahap lagi yaitu Select Plan, Install Disqus dan Configure Disqus.

1. Select Plan
Pada tahap ini kita akan memilih salah satu jenis plan atau paket yang ditawarkan oleh Disqus. Ada 5 jenis paket yang ditawarkan yaitu Basic, Plus, Non-Commercial, Pro dan Busines.
a. Plan Basic sifatnya gratis tapi akan menampilkan iklan.
b. Plan Plus sifatnya berbayar yaitu 10 Dolar US per bulan.
c. Plan Non-Commercial gratis tapi dengan syarat-syarat tertentu.
d. Plan Pro 99 Dolar US per bulan dan yang terakhir
e. Plan Busines berbayar tetapi besarannya bisa ditentukan sendiri.

Untuk tutorial kali ini kita akan menggunakan plan Basic karena gratis, heehehe.

2. Install Disqus
Setelah memilih jenis plan Disqus yang akan digunakan tahap berikutnya yaitu install disqus. Pada tahap ini kita harus memilih platform website yang kita gunakan. Disqus telah menyediakan daftar platform atau CMS yang sering digunakan contohnya wordpress, jombla, drupal, blogger dan lain-lain. Jika website teman-teman dikembangkan menggunakan wordpress maka pilih wordpress pada halaman install Disqus. Karena kita menggunakan framework Codeigniter dan tidak ada didalam daftar yang ditampilkan oleh Disqus maka kita akan menggunakan Universal Code.

Daftar CMS Suport Disqus

Selanjutnya kita akan masuk ke halaman langkah-langkah memasang Universal Code.
Petunjuk Memasang Universal Code Disqus

Baca Juga: Cara Memasang CKEditor Pada Codeigniter


- Salin kode yang ada pada poin 1 dan letakkan di halaman dimana komentar Disqus akan ditampilkan.
- Poin 2 untuk melakukan konfigurasi tambahan, misalnya untuk menambahkan identifier dan url. Tujuannya agar Disqus mampu mengidentifikasi setiap halaman berbeda. Jika tidak ditambahkan kedalam konfigurasi makas Disqus akan mengidentifikasi secara otomatis.

Petunjuk Cara Menampilkan Jumlah Komentar Disqus
- Gambar di atas merupakan langkah-langkah jika kita ingin menampilkan jumlah komentar. Salin dan letakkan kode pada poin 1 sebelum tag </body>
- Setelah melakukan semua instruksi petunjuk penginstalan selanjutnya tekan tombol "Configure".

3. Configure Disqus

Halaman Konfigurasi Disqus

Ini merupakan tahap terakhir, yaitu tahap konfigurasi. Di tahap ini kita bisa menentukan warna latar belakang dan jenis huruf yang akan ditampilkan pada form Disqus serta untuk melengkapi tahap "Create Site". Isi kolom yang ada sesuai dengan kebutuhan terutama pada kolom URL, untuk kolom yang lainnya bisa dikosongkan. Jika semuanya sudah disesuaikan selanjutnya tekan tombol "Complete Setup"

Selesai sudah langkah-langkah memasang form komentar disqus di Codeigniter. Sampai jumpa lagi. Hehehehe

 

Baca Juga: Tutorial Cara Memasang Syntaxhighlighter Pada Blog Atau Website


YANG LAIN:

Komentar

Cari Artikel Lainnya Disini