Contoh Soal Tes Kompetensi Bidang (TKB) Teknik Informatika Untuk CPNS Dan Pembahasannya
Muh. Ashhar Bustan

Contoh Soal Tes Kompetensi Bidang (TKB) Teknik Informatika Untuk CPNS Dan Pembahasannya

Pendaftaran Online CPNS Kemenkum HAM dan Mahkamah Agung sudah hampir tutup, teman-teman yang sudah registrasi dan upload berkas ada baiknya mempersiapkan diri dari sekarang siapa tau teman-teman lolos seleksi Administrasi jadi bekalnya cukup untuk menghadapi tes CPNS. Meskipun Tes Kompetensi Bidang (TKB) dilakasakan setelah peserta dinyatakan lulus Tes Kompetensi Dasar (TKD) akan tetapi tidak ada salahnya untuk mulai belajar dari sekarang, lumayan buat nambah-nambah pengetahuan.

Sebelumnya saya sudah pernah memberikan contoh soal Tes Kompetensi Bidang untuk Bidang Kesehatan (baca di sini dan di sini) serta memberikan materi soal Tes Kompetensi Bidang untuk Analis Keimigrasian. Dan sekarang saya akan memberikan contoh soal Tes Kompetensi Bidang untuk Bidang Komputer atau Teknik Informatika sekaligus pembahasannya. Jangan lupa juga persiapkan diri teman-teman untuk tes wawancara, baca tips menghadapi tes wawancara dan hal-hal yang harus dihindari saat sedang tes wawancara.

Baca Juga: Pembahasan Contoh Soal Tes Kompetensi Bidang (TKB) Teknik Informatika Untuk CPNS


Contoh soal yang saya bagikan ini adalah contoh soal pengelola IT dan Pranata Komputer yang sederhana, akan tetapi bentuknya kurang lebih sama, mungkin tingkat kesulitannya saja yang akan berbeda. Contoh soal merupakan rangkuman dari Tes CPNS dan Tes BPJS Kesehatan yang sama-sama menerapkan kerja praktek pada saat seleksi. Berdasarkan pengalaman saya dalam tes kerja praktek bidang IT lebih banyak menguji kemampuan pemrograman dan database. Biasanya kita dibebaskan untuk memilih bahasa pemrograman apa yang akan digunakan. Jadi saran saya silahkan latihan membuat sebuah aplikasi CRUD sederhana lengkap dengan databasenya. Untuk database tentunya disarankan menggunakan MySql atau Oraqle (umumnya MySql). Jangan berharap akan disediakan aplikasi webserver semacam XAMPP, WAMP dan sejenisnya, sehingga perlu untuk menguasai sintaks-sintaks dasar MySql.

CONTOH SOAL:
1. Sebuah Perguruan Tinggi Swasta sedang membuka pendaftaran mahasiswa baru. Setiap calon mahasiswa yang ingin mendaftar akan mendapatkan formulir pendaftaran yang berisi Nomor Pendaftaran, Nama, Jenis Kelamin, Alamat, Telepon, Tempat Tanggal Lahir, dan Jurusan yang akan dilamar. Buatlah sebuah aplikasi sederhana untuk menyimpan data calon mahasiswa baru ke database.

2. Perhatikan listing program JAVA berikut dan tentukan outputnya.
for (int nomor=0; nomor < 10; i++){
    if (nomor % 2 == 0){
          System.out.println( nomor );
    }
}
// System.out.println ("hasil outputnya");
System.out.println ("perulangan for");

3. Jika skema tabel sebuah database seperti berikut:
Mahasiswa(NIM, NAMA, LAHIR, AGAMA, ALAMAT, TELEPON)
Matakuliah(KODE_MK, NAMA_MK, SKS, STATUS)
Dosen(KODE_DOSEN, NAMA_DOSEN, ALAMAT, TELEPON)
Prestasi(NIM, KODE_DOSEN, KODE_MK, NIL_MID, NIL_FIN)

Maka tentukan:
a. Tampilkan semua field pada semua table mata kuliah yang mempunyai sks sama dengan 3 dan urutkan secara menurun berdasarkan nama mata kuliah.
b. Tampilkan NIM, nama dan nama mata kuliah dari mahasiswa yang memiliki nilai final lebih besar dari 50.
c. Tampilkan NIM, nama, nama mata kuliah dan nama dosen dari mahasiswa yang mengambil mata kuliah Basis Data.
d. Tambahkan atribut agama pada tabel dosen.

Baca Juga: Aplikasi Simulasi CAT BKN Offline


4. Tugas Network layer adalah...
a. Bertanggung jawab atas pertukaran informasi antara program komputer, seperti program e-mail, dan service lain yang jalan di jaringan, seperti server printer atau aplikasi komputer lainnya.
b. Bertanggung jawab bagaimana data dikonversi dan diformat untuk transfer data.
c. Menentukan bagaimana dua terminal menjaga, memelihara dan mengatur koneksi, bagaimana mereka saling berhubungan satu sama lain.
d. Bertanggung jawab membagi data menjadi segmen, menjaga koneksi logika “end-to-end” antar terminal, dan menyediakan penanganan error (error handling).
e. Bertanggung jawab menentukan alamat jaringan, menentukan rute yang harus diambil selama perjalanan, dan menjaga antrian trafik di jaringan. Data pada layer ini berbentuk paket.

5. Berapa kecepatan akses data pada access point yang memiliki standar kode IEEE 802.11g :
a. 216 Mb/s
b. 54 Mb/s
c. 128 Mb/s
d. 11 Mb/s
e. 108 Mb/s

LIHAT JAWABAN DAN PEMBAHASANNYA DI SINI

Baca Juga: Pendaftaran CPNS dan Formasi Kementerian Agama


YANG LAIN:
Cari Artikel Lainnya Disini