Contoh Skripsi Informatika Mengembangkan Aplikasi Bandwidth Monitor Menggunakan Visual Basic
Muh. Ashhar Bustan

Contoh Skripsi Informatika Mengembangkan Aplikasi Bandwidth Monitor Menggunakan Visual Basic

RINGKASAN BAB I
Mengelola jaringan tanpa memonitor sama halnya dengan mengemudikan kendaraan tanpa sebuah speedometer atau pengukur bahan bakar dengan mata tertutup. Bagaimana mengetahui seberapa cepat mobil melaju? Apakah mobil menggunakan bahan bakar seefisien seperti yang dijanjikan oleh penjual? Jika melakukan pemeriksaan mesin setelah bebrapa bulan, apakah mobil lebih cepat atau leih efisien dari yang sebelumnya? Pertanyaan-pertanyaan tersebut hanya dapat dijawab jika memiliki alat ukur pada kendaraan. Demikian juga halnya dengan jaringan komputer dimana harus mampu mengukur kecepatan internet untuk mengetahui seberapa cepat koneksi internet yang miliki serta sebarapa banyak bandwith yang telah digunakan.

Kebutuhan komputerisasi dalam menyelesaikan pekerjaan sekarang sudah menjadi kebutuhan pokok pada setiap instansi untuk mencapai kinerja yang maksimal tidak terkecuali dengan Dinas Pertambangan dan Energi Kota Palopo. Penggunaan komputerisasi tersebut tidak lepas dari penggunaan internet yang banyak digunakan dalam melakukan hubungan atau komunikasi antar instansi atau kebutuhan perkantoran lainnya.

Baca Juga: Contoh Skripsi Informatika Perancangan Aplikasi Registrasi Online Kuliah Kerja Nyata Stikes Luwu Raya


Berdasarkan hal tersebut maka peneliti bertujuan untuk membuat sebuah aplikasi Bnadwith Monitor yang dirancang secara khusus untuk mengakomodir kebutuhan kantor Dinas Pertambangan dan Energi Kota Palopo. Fasilitas khusus yang ditawarkan adalah adanya pencatatan penggunaan internet di kantor Dinas Pertambangan dan Energi Kota Palopo serta pembuatan laporan penggunaan internet yang menggunakan logo Dinas Pertambangan dan Energi di Kota Palopo, sehingga peneliti mengangkat judul “Membuat Aplikasi Monitoring Bandwith pada Jaringan Komputer studi kasus Dinas Pertambangan dan Energi Kota Palopo.

RINGKASAN BAB II
Perancangan Aplikasi Monitoring Bandwith pada Jaringan Komputer Studi Kasus di Dinas Pertambangan dan Energi Kota Palopo. Dinas Pertambangan dan Energi Kota Palopo berada di jalan Mas Jaya Kota Palopo yang mempunyai tugas membantu Walikota dalam melaksanakan urusan pemerintahan daerah bidang energi dan sumber daya mineral berdasarkan asas otonomi, tugas pembantuan dan dekonsentrasi. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti bertujuan untuk membuat sebuah aplikasi Bandwith Monitor yang dirancang secara khusus untuk mengakomodir kebutuhan kantor Dinas Pertambangan dan Energi Kota Palopo. Tujuan dari penelitian ini ada untuk mengembangkan aplikasi bandwith monitor untuk yang sesuai dengan kebutuhan Dinas ESDM kota Palopo.

RINGKASAN BAB III
Berdasarkan analisis masalah di atas, kendala utama yang dihadapi adalah tidak tersedianya aplikasi untuk memonitor kecepatan download dan upload pada koneksi jaringan internet. Aplikasi monitoring kecepatan jaringan internet cukup banyak ditemui, akan tetapi layanan-layanan tersebut tidak menyediapan bentuk pelaporan mengenai kondisi kecepatan jaringan internet sehingga sulit untuk melakukan evaluasi terhadap koneksi jaringan internet. Setelah melakukan penelitian maka akan dibuat aplikasi untuk memonitor kecepatan jaringan internet di kantor Dinas Energi dan Pertambangan kota Palopo yang memiliki fasilitas untuk menampilkan laporan mengenai kecepatan jaringan internet.

RINGKASAN BAB IV
Halaman utama adalah halaman paling awal  yang akan tampil dari program yang ingin dijalankan. Halaman menu utama menampilkan data kecepatan koneksi internet baik itu kecepatan download maupun kecepatan upload beserta rata-ratanya. Pengguna akan melihat grafik kondisi kecepatan internet secara simultan. Halaman utama dapat dilihat pada gambar berikut:

Tampilan Utama Aplikasi Bandwidht Monitor

Baca Juga: Contoh Skripsi Infromatika Perancangan Sistem Informasi Pemasaran Rumah Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter


RINGKASAN BAB V
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan yaitu :

  1. Aplikasi monitoring bandwith dapat digunakan untuk melakukan monitoring terhadap kondisi jaringan internet serta mencatat hasil monitoring ke database.
  2. Aplikasi monitoring bandwith dapat digunakan untuk membuat laporan kondisi jaringan internet di Dinas ESDM Kota Palopo.

DOWNLOADN LAPORAN LENGKAPNYA DISINI

DOWNLOAD SOURCE CODE APLIKASINYA DISINI

Baca Juga: Contoh Skripsi Informatika Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Skizofrenia


YANG LAIN:

Komentar

Cari Artikel Lainnya Disini