# Navigation

Contoh Skripsi Informatika Pengembangan Aplikasi Evoting Berbasis Web Pemilihan Presiden BEM Menggunakan Codeigniter

Contoh Skripsi Informatika Pengembangan Aplikasi Evoting Berbasis Web Pemilihan Presiden BEM Menggunakan Codeigniter

LATAR BELAKANG

Voting telah menjadi salah satu metode untuk mengambil keputusan penting dalam kehidupan manusia. Voting digunakan mulai dari tingkat masyarakt terkecil yaitu keluarga sampai dengan sebuah negara. Voting digunakan untuk menghimpun aspirasi dari seluruh elemen masyarakat, dan kemudian menemukan jalan keluar yang dianggap paling baik untuk menyelesaikan permasalahan. Dalam sebuah Negara yang menganut sistem politik demokrasi, voting digunakan untuk mengambil keputusan Negara yang sangat krusial, antara lain adalah untuk memilih wakil-wakil rakyat atau untuk memilih pemimpin negara yang baru. Oleh karena itu, voting membutuhkan prosedur pelaksanaan yang dapat menjamin kerahasiaan dan keabsahan dari hasil pelaksanaan voting tersebut.

Aplikasi Evoting Presiden BEM


Sistem voting  juga diterpakan di kampus-kampus yang biasanya dilakukan dalam pemilihan presiden BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) dengan melibatkan mahasiswa sebagia voter-nya dengan cara konvensional atau dengan cara mendatangi tempat pemungutan suara yang disediakan oleh panitia pemilihan. Ada beberapa kelemahan-kelemahan pada proses pemilihan konvensional yaitu diantaranya kelemahan penghitungan suara yang berpotensi terjadinya kecurangan serta logistik pemilihan yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Perkembangan teknologi informasi saat ini telah membawa perubahan yang besar bagi manusia, termasuk untuk melaksanakan voting. Penggunaan teknologi komputer pada pelaksanaa voting ini dikenal dengan istilah electronic voting atau lazim disebut e-voting. Pengertian E-Voting secara umum adalah penggunaan teknologi komputer pada pelaksanaan voting, pilihan teknologi komputer yang digunakan dalam implementasi dari e-voting sangat bervariasi seperti penggunaan smart card untuk otentikasi pemilih, penggunaan internet sebagai sistem pemungutan suara, penggunaan touch screen sebagai pengganti kertas suara, dan masih banyak lagi pilihan teknologi yang digunakan.

Berdasarkan penjelasan diatas dan untuk mengatasi kelemahan dari pemilihan konvensional maka pada penilitian ini akan dilakukan Pengembangan Aplikasi E-Voting Berbasis Web Pemilihan Presiden BEM.

RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang yang diuraikan diatas maka didapatkan rumusan masalah pada penelian ini adalah Bagaimana mengembangkan aplikasi e-voting berbasis web pemilihan presiden BEM?

BATASAN MASALAH
Agar penelitian ini lebih terarah sehingga hasil yang diinginkan tercapai maka penelitian ini dibatasi pada pengembangan aplikasi e-voting berbasis web pemilihan presiden BEM menggunakan framework Codeigniter, bahasa pemrograman PHP, tag HTML dan MySQL.

TUJUAN PENELITIAN
Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah aplikasi e-voting berbasis web untuk pemilihan presdien BEM. Tujuan yang ingin dicapais dari pembangunan aplikasi ini adalah memberikan kemudahan dan mempercepat proses pemilihan presiden BEM serta untuk meminimalisir terjadinya kecurangan.