Syarat Pendaftaran CPNS BNN Tahun 2017
Muh. Ashhar Bustan

Syarat Pendaftaran CPNS BNN Tahun 2017

BNN kembali membuka pendaftaran CPNS Tahun 2017. BNN bersama 60 instansi lainnya masuk ke dalam Periode II pendaftaran online CPNS 2017. Setelah pada Periode I pemerintah membuka pendaftaran CPNS untuk Kemenkumham dan Mahkamah Agung. Berikut syarat-syarat jika Anda ingin mendaftar sebagai CPNS di BNN.

Persyaratan Umum
1. Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara kesatuan Republik Indonesia".
2. Berkelakuan  baik  dan  tidak  pernah  dihukum  penjara  atau  kurungan  berdasarkan putusan  pengadilan  yang  memiliki  kekuatan  hukum yang  tetap  karena  melakukan suatu tindak pidana kejahatan.
3.   Tidak pernah diberhentikan  dengan  hormat tidak atas permintaan  sendiri atau tidak dengan  hormat  sebagai  PNS/Anggota  TNI/Polri  atau  diberhentikan  tidak  dengan hormat sebagai pegawai swasta.
4.   Tidak berkedudukan sebagai CPNS atau PNS.
5.   Surat  Keterangan  Bebas  Narkoba/NAPZA  dari  Rumah  Sakit  Pemerintah setempat yang   masih   berlaku   wajib   dilengkapi   setelah   peserta   dinyatakan   lulus   pada pengumuman  kelulusan akhir.
6.   Bersedia ditempatkan  di seluruh wilayah Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Pemerintah.
7.   Tidak menjadi anggota dan/atau pengurus partai politik

Baca Juga: Pendaftaran CPNS dan Formasi Kementerian Agama


Persyaratan Khusus
1. Persyaratan Usia :
Untuk  formasi Dokter Ahli Pertama, Penyidik BNN, Penyuluh Narkoba Ahli Pertama, Assesor, Psikolog Klinis Ahli Pertama dan Medik Veteriner Ahli Pertama berusia minimal 18 (delapan belas) tahun pada tanggal 1 September 2017 dan maksimal 30 (tiga puluh) tahun pada tanggal 1 Desember 2017. Untuk formasi Perawat Terampil, Pengolah Data lntelijen, Paramedik Veteriner Terampil dan Pelatih/Pawang Hewan (Anjing Pelacak) berusia minimal 18 (delapan  belas) tahun pada tanggal 1 September 2017 dan maksimal 27 (dua puluh tujuh) tahun pada tanggal 1 Desember 2017.

2. Pelamar formasi cumlaude merupakan pelamar lulusan terbaik (cumlaudeldengan pujian) dari Perguruan Tinggi terakreditasi A/Unggul dan Program Studi terakreditasi A/ Unggul pada saat lulus dan  dibuktikan  dengan keterangan lulus cum laude/pujian pada ijasah atau transkrip nilai.

3. Pelamar formasi umum, disabilitas serta putra/putri Papua dan Papua Barat dengan syarat  pendidikan  Diploma-111/Diploma-lV/Sarjana/Profesi merupakan Lulusan Perguruan Tinggi Negeri, atau Perguruan Tinggi Swasta, yang program studinya terakreditasi  BAN-PT minimal B pada saat yang bersangkutan lulus.

4. Persyaratan nilai :
lndeks Prestasi Kumulatif (IPK) :
a)  Pendidikan Diploma-Ill pada formasi umum dan disabilitas dengan IPK minimal 2,75 dalam skala 4. Khusus untuk pelamar dengan kategori Putra/Putri Papua dan Papua Barat IPK minimal adalah 2,50 dalam skala 4.
b)  Pendidikan Diploma-lV/Sarjana/Profesi pada formasi umum dan disabilitas dengan IPK minimal 3,00 dalam skala 4. Khusus untuk pelamar dengan kategori Putra/Putri Papua dan Papua Barat IPK minimal adalah 2,75 dalam skala 4.

Baca Juga: Link Download Pengumuman Seleksi Administrasi Kemenkumham


Pendidikan SLTA/Sederajat:
Nilai Ujian Nasional untuk masing - masing mata pelajaran minimal 6,00

5. Persyaratan Fisik :
Untuk seluruh pelamar :
- Tidak Buta Warna
- Untuk pelamar formasi Penyidik BNN dan Pelatih/Pawang Hewan (Anjing Pelacak) : Laki - laki tinggi badan minimal 163 cm.
- Perempuan tinggi badan minimal 155 cm.

6. Khusus untuk formasi Pelatih/Pawang Hewan (Anjing Pelacak), diutamakan memiliki pengalaman sebagai pawang anjing yang dibuktikan dalam bentuk sertifikat/surat keterangan.

Baca Juga: Aplikasi Simulasi CAT BKN Offline


YANG LAIN:
Cari Artikel Lainnya Disini