Pembahasan Contoh Soal Tes Kompetensi Bidang (TKB) Teknik Informatika Untuk CPNS
Muh. Ashhar Bustan

Pembahasan Contoh Soal Tes Kompetensi Bidang (TKB) Teknik Informatika Untuk CPNS

Tulisan ini merupakan lanjutan dari tulisan sebelumnya, yaitu contoh soal tes kompetensi bidang (TKB) teknik informatika dan pembahasannya. Karena artikel sebelumnya yang berisi contoh soal tes kompetensi bidang teknik informatika sudah cukup panjang maka jawaban dan pembahasannya tidak saya tuliskan di halaman tersebut. Mengingat jawaban dari contoh-contoh soal tersebut juga akan sedikit panjang maka jawaban dan pembasannya kita bahas disini saja. Singkat kata dan singkat cerita lebih baik sekarang kita menuju ke inti dari tulisan ini yaitu membahas contoh soal tes kompetensi bidang (TKB) teknik informatika.

Pembahasan Soal No. 1
Pertama kita buat dulu database dan tabelnya, sebagai contoh saya membuat database dengan nama 'maba' dan tabel 'calon_mahasiswa'.

Baca Juga: Contoh Soal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Pengelola IT Atau Pranata Komputer


CREATE DATABASE maba;
--membuat database dengan nama maba
-- membuat tabel dengan nama calon_mahasiswa
CREATE TABLE `calon_mahasiswa` (
  `no_pendaftaran` int(11) NOT NULL,
  `nama` varchar(250) DEFAULT NULL,
  `jkl` varchar(2) DEFAULT NULL,
  `telepon` varchar(15) DEFAULT NULL,
  `kota` varchar(50) DEFAULT NULL,
  `tgl` datetime DEFAULT NULL,
  `alamat` varchar(250) NOT NULL
  `prodi` varchar(150) NOT NULL
) ENGINE=InnoDB DEFAULT CHARSET=latin1;

ALTER TABLE `calon_mahasiswa`
  ADD PRIMARY KEY (`no_pendaftaran`);

ALTER TABLE `calon_mahasiswa`
  MODIFY `no_pendaftaran` int(11) NOT NULL AUTO_INCREMENT, AUTO_INCREMENT=1;


Setelah membuat database dan tabelnya selanjutnya kita membuat aplikasi untuk menginput data ke database. Sebagai contoh kali ini saya akan menggunakan PHP untuk membuat aplikasi input datanya.
 

Pembahasan Soal No. 2
Soal nomor 2 merupakan sebuah perulangan menggunakan FOR. Perulangan FOR tersebut memiliki parameter berupa variabel 'nomor' dengan nilai 0 (nol) dan selama 'nomor' masih kurang dari 10 (sepuluh) maka perulangan akan terus dilakukan. Didalam perulangan terdapat perintah IF untuk mengecek apakah nilai dari variabel 'nomor' merupakan bilangan genap atau bukan. Jika bilangan genap maka akan ditampilkan di layar tetapi jika sebaliknya maka nilai variabel 'nomor' tidak akan ditampilkan di layar. Karena menggunakan perintah System.out.println() maka setiap kali data ditampilkan ke layar maka akan disertai dengan baris baru. Jadi hasil yang akan ditampilkan di layar monitor yaitu:

2
4
6
8
perulangan for


Pembahasan Soal No. 3
a. Menampilkan semua field pada semua table mata kuliah yang mempunyai sks sama dengan 3 dan urutkan secara menurun berdasarkan nama mata kuliah

SELECT * FROM Matakuliah WHERE sks = '3' ORDER BY nama_matakuliah DESC;

b. Menampilkan nim, nama dan nama mata kuliah dari mahasiswa yang memiliki nilai final lebih besar dari 50.

SELECT nim, nama, nama_mk FROM Mahasiswa, Matakuliah, Prestasi WHERE Mahasiswa.nim=Prestasi.nim AND Prestasi.kode_mk=Matakuliah.kode_mk AND Prestasi.nil_fin>50;

c. Menampilkan nim, nama, nama mata kuliah dan nama dosen dari mahasiswa yang mengambil mata kuliah Basis Data.

Baca Juga: Materi Soal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Penjaga Tahanan


SELECT nim, nama, nama_mk, nama_dosen FROM Mahasiswa, Matakuliah, Dosen, Prestasi WHERE Matakuliah.nama_mk = "Basis Data" AND Mahasiswa.nim = Prestasi.nim AND Prestasi.kode_dosen = Dosen.kode_dosen AND Prestasi.kode_mk = Matakuliah.kode_mk;

d. Menambahkan atribut agama pada tabel Dosen

ALTER TABLE Dosen ADD(AGAMA varchar(16));


Pembahasan Soal No. 4
Tugas utama dari layer network adalah menyediakan fungsi routing (mengatur rute) sehingga paket dapat dikirim keluar dari segment network lokal ke suatu tujuan yang berada pada suatu network lain. IP, Internet Protocol, umumnya digunakan untuk tugas ini.
Jadi jawabannya adalah
e. Bertanggung jawab menentukan alamat jaringan, menentukan rute yang harus diambil selama perjalanan, dan menjaga antrian trafik di jaringan. Data pada layer ini berbentuk paket.

Pembahasan Soal No. 5
Pada bulan Juni 2003, standar modulasi ketiga diratifikasi: 802.11g. Modulasi ini bekerja pada frekuensi 2,4 GHz (seperti 802.11b), tetapi menggunakan skema transmisi berbasis OFDM yang sama seperti 802.11a. Standar modulasi ketiga ini beroperasi pada tingkat bit lapisan fisik maksimum 54 Mbit/s atau kecepatan rata-ratanya sekitar 22 Mbit/s.
Jadi jawabannya adalah poin d. 54 Mb/s

Baca Juga: Contoh Soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) CPNS Dan Jawabannya


YANG LAIN:

Komentar

Cari Artikel Lainnya Disini