# Navigation

Passing Grade Kelulusan CPNS Tahun 2018

Passing Grade Kelulusan CPNS Tahun 2018

JALUR UMUM:
TKP = 143
TIU = 80
TWK = 75

Total = 298

CUMLAUDE DAN DIASPORA
NILAI TOTAL PALING SEDIKIT 298
TKP = -
TIU = 85
TWK = -

Untuk EKS Tenaga Honorer K-II, Total Nilai minimal 260 dan TIU minimal 60.

Putra-putri Papua/Papua Barat, Total Nilai 260 dengan TIU minimal 60.

Sebagai catatan meskipun nilai total peserta sama atau lebih besar dari 298 akan tetapi jika salah satu dari TKP, TIU dan TWK tidak mencapai passing grade (ambang batas) maka peserta tetap dinyatakan gagal. Misalnya nilai peserta adalah 310 namun nilai TWKnya hanya 70 maka akan tetap dinyatakan tidak lulus. Mengingat nilai passing grade atau ambang batas kelulusan yang lumayan tinggi maka sebaiknya persiapkan diri Anda sebaik-baiknya, banyak belajar, berdoa dan tentunya jaga kesehatan menjelang tes. Silahkan baca tips menghadapai tes Kompetensi Dasar dan Materi-materi Seleksi Kompetensi Dasar untuk menambah amunisi teman-teman dalam mengahadapi Seleksi Kompetensi Dasar ini.

Saya juga sudah menuliskan beberapa soal tes intelegnsi umum dan pembahasannya, soal tes wawasan kebangsaan dan jawabannya, dan soal tes karakteristik pribadi dan jawabannya. Perlu untuk mempelajari contoh-contoh soal karena format soal Tes Kompetensi Dasar CPNS hampir selalu sama.

Dan satu lagi jangan pernah tergiur atau tergoda apabila ada yang menawarkan jasa untuk membantu meluluskan teman-teman sebagai CPNS karena saya jaminkan bahwa sekarang tidak ada lagi sistem jaman batu seperti itu. Yang harus teman-teman lakukan adalah belajar belajar belajar dan berdoa.


YANG LAIN: