Tips Menghadapi Tes CPNS MENKUM HAM 2017
Muh. Ashhar Bustan

Tips Menghadapi Tes CPNS MENKUM HAM 2017

Akhirnya bisa menulis lagi setelah sekian lama disibukkan dengan tugas negara. Karena Negara jauh lebih penting maka dengan ikhlas saya mengesampingkan kepentingan pribadi, hidup NKRI!

Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPAN RB) telah mengumumkan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2017 sebanyak 1.685 CPNS untuk formasi hakim dan 17.962 untuk CPNS Kemenkum HAM. Pendaftaran CPNS tahun 2017 akan dibuka mulai tanggal 1 Agustus 2017 sampai tanggal 31 Agustus 2017 dan seluruh proses pendaftaran hanya bisa dilakukan secara online. Seluruh informasi tentang pendaftaran CPNS 2017 bisa dilihat melalui situs-situs berikut:

Baca Juga: Syarat Pendaftaran CPNS BNN Tahun 2017


Informasi seputar pendaftaran CPNS 2017 sudah kita bahas, sekarang kita akan membahas tips dan trik mempersiapkan diri untuk menghadapi tes/seleksi CPNS 2017. Seperti CPNS tahun 2014 kemarin ada 3 tahap seleksi yang akan dilalui, yaitu seleksi Administrasi, seleksi Kompetensi Dasar dan seleksi Kompetensi Bidang dan yang akan kita bahas pada artikel kali ini yaitu seleksi atau tes Kompetensi Dasar. Di dalam Seleksi/Tes Kompetensi Dasar terdiri dari 3 materi pokok yaitu Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wasawan Kebangsaan (TWK) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Jumlah soal seluruhnya adalah 100 soal dengan rincian sebagai berikut.

  • 35 soal TKP (nilainya antara skala 1 s.d. 5, tidak ada nilai 0)
  • 35 soal TIU (nilainya 0 jika salah, dan 5 jika benar)
  • 30 soal TWK (nilainya 0 jika salah, dan 5 jika benar)

Jadi jika seluruh soal dijawab dengan tepat maka nilai maksimumnya adalah 500, dan nilai  minimumnya adalah 35. Tidak ada sistem pengurangan nilai dalam ujian ini.  Nilai Ambang Batas TKD Seleksi CPNS 2014 yaitu TKP  = 126, TIU = 75 dan TWK = 70 sehingga totalnya = 271. Sebagai catatan meskipun nilai total peserta sama atau lebih besar dari 271 tetapi jika salah satu dari TKP, TIU dan TWK tidak mencapai passing grade (ambang batas) maka peserta tetap dinyatakan gagal.

Tes Intelegensia Umum (TIU) untuk mengukur tingkat pengetahuan umum peserta yang meliputi matematika, bahasa, analisa dan logika. Kemudian Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) untuk mengukur sejauh mana wawasan peserta mengenai kebangsaan, yang meliputi sejarah, undang-undang dasar, Pancasila dan kewarganegaraan. Sedangkan untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP) untuk mengetahui karakteristik peserta diantaranya integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, kemampuan mengendalikan diri dan lain-lain.

Untuk latihan teman-teman bisa mencoba tes TKD CPNS Online disini http://ashharbustan.com/simulasicat

Hal yang paling penting sekarang adalah mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk menghadapi soal-soal Tes Kompeten Dasar. Yang diperlukan adalah strategi sehingga waktu tidak terbuang percuma hanya untuk membaca buku ratusan halaman apalagi untuk menghafal pasal-pasal UUD 1945 yang bisa-bisa malah bikin tambah bingung.

Berdasarkan pengalaman banyak peserta yang gagal pada Tes Wawasan Kebangsaan, mungkin karena materi-materi wawasan kebangsaan terakhir didapatkan di SMA sehingga memorinya sudah banyak yang hilang dan solusinya yaitu:

  1. Pahami kembali batang tubuh UUD 45,
  2. Amandemen UUD 45,
  3. Pahami pasal-pasal UUD 45 terutama yang berkaitan dengan kedaulatan, MPR dan Kekuasaan Pemerintahan Negara.
  4. Pahami setiap poin Pancasila terutama contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari,
  5. Rajin-rajinlah baca berita politik yang sedang terjadi dan tahun-tahun sebelumnya,
  6. Baca kembali hal-hal yang menyangkut Yudikatif, Eksekutif dan Legislatif,
  7. Serta sejarah perjuangan bangsa Indonesia di jaman pra kemerdekaan.
  8. Dan yang terakhir adalah banyak melakukan latihan menjawab soal-soal Tes Wawasan Kebangsaan tahun-tahun sebelumnya

Selanjutnya yang harus ditaklukkan adalah Tes Intelejensia Umum, caranya? Lagi-lagi ini berdasarkan pengalaman dan hasil analisa contoh-contoh soal tes CPNS maka dapat ditarik kesimpulan bahwa disetiap tes CPNS akan muncul soal-soal seputar materi-materi di bawah:

Baca Juga: Pengumuman Pendaftaran CPNS BNN Tahun 2017


  1. Aritmatika Sosial (Laba, Rugi, Persentase, dan lain-lain)
  2. Deret angka dan huruf
  3. Rumus bangun datar dan bangun ruang
  4. Himpunan dan Pecahan (Pahami cara menghitung cepatnya)
  5. Penalaran Analitis (Contohnya siapa yang lebih tua, lebih muda, lebih kaya dan lain-lain)
  6. Sinonim dan Antonim
  7. Padanan Kata (Analogi)
  8. Berita Headline Kompas

Jadi tidak perlu lagi sampai mempelajari buku ratusan halaman apalagi sampai membaca buku primbon Jawa ????. Agar tidak kehabisan waktu hanya untuk menghitung jangan lupa pelajari cara-cara menghitung cepat.

Selain itu strategi menjawab soal Tes Kompetensi Dasar juga sangat penting, usahakan menjawab soal yang lebih mudah terlebih dahulu. Jadi jawab soal-soal Tes Karaktersitik Pribadi terlebih dulu sebelum menjawab soal TIU dan TWK.

Ketika menjawab soal Tes Intelegensia Umum terutama untuk soal aritmatika sosial yang biasanya panjang, jangan dibaca dari awal sampai akhir tapi langsung ke bagian akhirnya saja atau inti pertanyaannya, hal tersebut untuk menghemat waktu.

Bagaiman dengan Tes Karakteristik Pribadi (TKP)? Untuk soal TKP tidak ada salah atau benar, setiap pernyataan memiliki nilai 1-5. Caranya pilih jawaban yang kira-kira itu adalah karakter yang baik asal tidak lebai ????

Selesai sudah tips menghadapi Tes Kompetensi Dasar CPNS sampai di sini dan semoga bermanfaat untuk semua. Artikel selanjutnya kita akan membahas satu per satu contoh soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Untuk latihan teman-teman bisa mencoba tes TKD CPNS Online disini http://ashharbustan.com/simulasicat

Baca Juga: Passing Grade Kelulusan CPNS Tahun 2018


YANG LAIN:

Komentar

Cari Artikel Lainnya Disini