Instant Apps Fitur Baru Android Memungkinkan Kita Menggunakan Aplikasi Tanpa Menginstalnya
Muh. Ashhar Bustan

Instant Apps Fitur Baru Android Memungkinkan Kita Menggunakan Aplikasi Tanpa Menginstalnya

Pada  bulan Mei tahun lalu, ketika konferensi I/O 2016 berlangsung, Google mengumumkan Android Instant Apps. Dengan Android Instant Apps, Google memungkinkan pengguna untuk menggunakan aplikasi tanpa harus memasangnya di perangkat mereka. Sampai saat ini, fitur Instant Apps hanya tersedia di beberapa negara, namun sekarang tersedia di India.

Fitur Instan Apps tersedia di Nexus 6P sejak kemarin. Ini bisa ditemukan di menu Settings->Google. Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda hanya perlu mengetuk tombol pengalih yang ada di pojok kanan atas layar Aplikasi Instan, lalu ketuk "Yes, I'm in" untuk mengonfirmasi, lihat gambar berikut:

Baca Juga: Cara Mendapatkan ConsID dan SecretKey Untuk Bridging SIMRS GOS Dengan Aplikasi SEP BPJS Kesehatan


Android Instant Apps

Setelah diaktifkan, Anda akan dapat menggunakan aplikasi pada perangkat Anda tanpa harus menginstalnya. Kapan pun Anda menyentuh tautan, Google Play akan memeriksa apakah aplikasi instan untuk layanan itu ada, jika ya, aplikasi instan itu akan dibuka di perangkat Anda. Selain itu, aplikasi instan akan disimpan di perangkat Anda untuk sementara waktu. Semua aplikasi instan yang Anda gunakan akan tercantum di bagian Aplikasi Instan di bawah menu Setelan-> Google-> Aplikasi Instan.

Contoh Instant App

Baca Juga: Rahasia Samsung Akhirnya Terbongkar: Galaxy S8 Active Segera Dirilis


Karena itu, fitur Instant Apps tidak akan tersedia di semua perangkat. Di India, awalnya mungkin hanya tersedia di Google Pixel, Pixel XL, Nexus 5X dan Nexus 6P. Pada saat ini, sampai saat ini belum ada konfirmasi mengenai Intant App tersedia untuk perangkat lain selain Nexus 6P. Belum banyak informasi tentang Aplikasi Instan yang sudah tersedia di India ini. Dan semoga saja fitur terbaru android ini bisa segera dirasakan pengguna di Indonesia.

Baca Juga: 6 Aplikasi Penting Untuk Pengguna Android


YANG LAIN:

Komentar

Cari Artikel Lainnya Disini