Contoh Skripsi Informatika Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Skizofrenia
Muh. Ashhar Bustan

Contoh Skripsi Informatika Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Skizofrenia

RINGKASAN BAB I

Kesehatan merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan manusia. kesehatan sangat mempengaruhi kegiatan hidup manusia sehari hari. Sehat merupakan keadaan dimana organ-organ tubuh manusia berfungsi dengan baik dan lancar dalam batas normal. Gangguan terhadap tubuh manusia dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain faktor gen, fisiologi, psikis, fisik dan parasit. Gangguan kejiwaan merupakan hal yang berhubungan dengan faktor psikis. Gangguan kejiwaan merupakan penyakit yang sering di jumpai pada semua lapisan masyarakat dan dapat dialami oleh siapa saja dan dimana saja, salah satu penyakit kejiwaanadalah skizofrenia.

Baca Juga: Contoh Skripsi Informatika Perancangan Aplikasi Registrasi Online Kuliah Kerja Nyata Stikes Luwu Raya


Penyakit kejiwaan skizofrenia adalah suatu gangguan psikosis fungsional berupa gangguan mental yang ditandai dengan gejala-gejala psikotik yang khas yang dipengaruhi oleh kemunduran fungsi sosial, sejarah keluarga, penyalahgunaan obat, stress yang berlebihan dan komplikasi kehamilan, penyakit skizofrenia juga ditandai dengan menonjolnya gejala-gejala positif seperti halusinasi, delusi, asosiasi longgar dan juga gejala-gejala negatif seperti penarikan diri, apatis, perawatan diri yang buruk.

Sedikitnya sekitar 11,6 persen atau 17,4 juta jiwa mengalami gangguan mental emosional atau gangguan kesehatan jiwa berupa gangguan kecemasan, depresi, gangguan bipolar dan skizofrenia. Badan kesehatan dunia(WHO) menyatakan bahwa hampir 24 juta orang didunia menderita penyakit skizifrenia dengan angka kejadian 7 per 1000. Di perkirakan 4-10 persen resiko kejadian bunuh diri pada penderita skizofrenia. Belum ada angka yang mutakhir dari riset ini, namun menurut trend global seperti ramalan WHO, jumlah penderita sakit mental akan terus meningkat hingga mencapai angka 450 juta orang diseluruh dunia pada tahun 3013.

Keterlambatan penanganan pada penderita skizofrenia akan berdapampak buruk yang menyebabkan penderita akan dalam keadaan kronis berkepanjangan. Selain itu jika penyakit skizofrenia didiamkan juga bisa berdampak buruk pada sistem kerja otak dan akhirnya penderitan mengalami penurunan fungsi sosial yang berat dan menjadi kronis. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, terbatasnya waktu dan jumlah pakar sebagai media konsultasi mengenai gangguan kejiwaan dapat menyebabkan keterlambatan waktu bagi seseorang yang ingin berkonsultasi, sehingga perlunya media bantu berupa sistem pakar online yang dapat memberi solusi kapan saja dan dimana saja yang dapat membantu penderita dalam media pengobatan dan konsultasi.

Pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini membuat banyak kalangan lebih akrab dengan internet. Internet sudah menjadi sumber media pokok informasi yang banyak dibutuhkan. Berbagai macam informasi dan komunikasi dapat dilakukan pada internet, seperti chatting, browsing, dan banyak lagi yang dapat dilakukan pada media internet. Pertukaran informasi dapat dilakukan dengan pengiriman dan penerimaan elektronik mail, maka pada saat ini mulai bergerak pengiriman informasi melalui media internet sebagai media interaktif dan komunikatif yang memungkinkan terselenggaranya sebuah komunikasi.

 

RINGKASAN BAB II

Penelitian yang dilakukan ini mengacu pada penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Neni Febriani yang berjudul Sistem Pakar Menetukan Jenis Gangguan Kejiwaan Menggunakan Dempster-Shafer. Dalam penelitian tersebut membahas tentang diagnosa gangguan kejiwaan beserta pengobatannya. Software yang digunakan yaitu bahasa pemrograman Visual Basic 6.0. Metode pencarian yang digunakan adalah Forward Chaining dan metode ketidakpastiannya menggunakan Dempster Shafer. Yasidah Nur Istiqomah dengan judul “Sistem Pakar Diagnosa Saluran Pencernaan Menggunakan Metode Dempster-Shafer”. Penelitian tersebut menggunakan representasi pengetahuan berupa kaidah produksi if – then dengan metode forward chaining (metode yang dimulai dari sekumpulan data menuju ke kesimpulan) dan metode kepastiannya menggunakan dempster-shafer. Antar muka (interface) dari aplikasi yang dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan di atas, maka dilakukan penelitian lebih lanjut dengan judul Sistem Pakar Diagnosa Gangguan Kejiwaan Skizofrenia Menggunakan Metode Dempster-Shafer Berbasis Web. Metode penelusuran yang digunakan adalah forward chaining. Output yang dihasilkan berupa hasil diagnosa terhadap gangguan, definisi gangguan, gejala , dan solusi untuk penanggulangannya. Software yang digunakan untuk aplikasi ini adalah PHP dan Macromedia Dreamweaver dengan menggunakan Database MySQL pada sistem operasi Windows.

 

RINGAKASAN BAB III

Baca Juga: Contoh Skripsi Infromatika Perancangan Sistem Informasi Pemasaran Rumah Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter


Subjek penelitian pada tugas akhir ini berjudul Sistem Pakar Untuk Menentukan Jenis Gangguan Kejiwaan Berbasis Web Menggunakan Metode Demspter-Shafer yang diimplementasikan dalam bahasa pemograman PHP dan mysql. Untuk melayani pasien dengan masukan gejala-gejala yang rasakan dan menghasilkan output berupa gangguan hasil diagnosa, gejala, penyebab, solusi dan presentasi nilai kepastian yang telah dihitung dengan metode Demspter-Shafer.

 

RINGKASAN BAB IV

Dalam analisis kebutuhan sistem data yang berhubungan dengan informasi Gangguan skizofrenia yang didapat dari pakar (Psikolog), internet, buku dan literatur lainnya. Data tersebut diolah menjadi data implementasi dalam sistem sebagai basis pengetahuan. Basis pengetahuan dalam sistem pakar merupalan pengetahuan yang digunakan untuk mencocokan atau mencari hasil diagnosa gangguan sesuai dengan gejala yang dimasukan user. Analisis kebutuhan dan spesifikasi perangkat lunak yang dibutuhkan meliputi :

  1. Analisis kebutuhan masukan (input).
    Pakar memberikan masukan berupa:
    a. Data gejala yang belum terdapat pada sistem, data gejala meliputi: kode gejala, nama gejala dan nilai probabilitas.
    b. Data gangguan yang belum terdapat pada sistem, data gangguan meliputi: kode gangguan, nama gangguan dan defenisi gangguan.
    c. Data penyebab berupa kode penyebab dan nama penyebab.
    d. Data solusi berupa kode solusi dan nama solusi.
    e. Data aturan meliputi kode gangguan, kode gejala, kode penyebab dan kode solusi.
    Kelima masukan data pakar diatas, digunakan sebagai basis pengetahuan dari sistem dalam mendiagnosa gangguan skizofrenia.
  2. Analisis kebutuhan proses
    Proses inti dari sistem adalah proses penalaran. Sistem akan melakukan penalaran untuk menentukan jenis gangguan skizofrenia yang diderita pasien berdasarkan gejala yang dimasukan oleh user. Pada sistem telah disedia aturan basis pengetahuan untuk menelusuri jenis gangguan.
  3. Analisis kebutuhan keluaran (output)
    Data keluaran dari sistem ini adalah hasil diagnosa berdasarkan gejala yang dimasukan user yang berupa kemungkinan jenis gangguan, defenisi dari jenis gangguan yang diderita, solusi dan nilai kepercayaan berdasarkan metode DemspterShafer.

 

RINGKASAN BAB V

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disampaikan :
1. Dihasilkan sebuah perangkat lunak (software) baru yang dapat menjadi alternatif untuk dapat berkonsultasi kapan saja dan dimana saja tanpa harus pergi ke dokter(Psikolog).
2. Perangkat lunak yang dihasilkan mampu mengidentifikasi gangguan skizofrenia berdasarkan gejala yang dimasukan serta memberikan solusi layaknya seperti seorang psikolog.

 

Download Laporan Lengkapnya Disini
Download Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Skizofrenia Disini

Baca Juga: Contoh Skripsi Informatika Pengembangan Aplikasi Evoting Berbasis Web Pemilihan Presiden BEM Menggunakan Codeigniter


YANG LAIN:

Komentar

Cari Artikel Lainnya Disini