6 Aplikasi Penting Untuk Pengguna Android
Muh. Ashhar Bustan

6 Aplikasi Penting Untuk Pengguna Android

Mungkin ketika Anda merasa tidak puas atau bosan dengan iPhone, atau ingin beralih dari Windows phone yang ketinggalan jaman atau mungkin juga Anda baru menggunakan smartphone?, Anda mungkin memerlukan bantuan untuk memilih aplikasi  yang berguna untuk Anda. Di dalam Google Play Store terdapat banyak sekali aplikasi yang bisa membuat bingung terutama bagi orang yang baru pertama kali menggunakan Android. Ada sekitar tiga juta aplikasi yang tersedia di sana, mulai dari emulator game hingga ramalan cuaca. Sehingga terkadang kita bingung mau memulainya dari mana.
Berikut adalah beberapa aplikasi penting bagi yang menggunakan perangkat Android untuk pertama kalinya.

1. Nova Launcher
Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengatur tampilan dan tata letak ikon aplikasi yang Anda suka di layar kunci atau lock screen. Dengan Nova Launcher Anda juga dapat memilih tampilan layar yang Anda suka. Anda bisa memilih untuk meengatur  tata letak, animasi, tema, dok, widget, dan banyak lagi. Aplikasi ini gratis, namun tersedia juga versi premiumnya dengan lebih banyak pilihan didalamnya.

Baca Juga: Ternyata Android Terbaru (Oreo) Ada Kaitannya Dengan Gerhana Matahari


Apliaksi Nova Launcher

2. AirDroid
Aplikasi ini bekerja seperti sebuah  kabel yang menghubungkan komputer dengan  telepon Anda. AirDroid memungkinkan Anda mentransfer foto dan file antara telepon dan komputer. Ini juga memungkinkan Anda menerima dan membalas pemberitahuan di handphone dari komputer.

Aplikasi AirDroid

AirDroid bisa bekerja  dengan Windows dan Mac, sehingga Anda bisa menggunakan aplikasi ini dengan nyaman dengan memanfaatkan mouse dan keyboard. Fitur lainnya yang bisa dimanfaatkan yaitu kemampuan untuk menemukan ponsel Anda jika hilang, dan kemampuan untuk mengakses kamera ponsel dari jarak jauh.

3. Firefox
Jika Anda tidak suka menggunakan Google Chrome atau browser bawaan Android, Mozilla Firefox merupakan alternatif yang baik. Atau jika Anda lebih memilih untuk menggunakan browser selain dari ketiganya, maka Dolphin dan Opera bisa menjadi pilihan yang tepat dengan kelebihannya masing-masing. Salah satu kelebihan Dolphin adalah dilengkapi dengan adblocker.

Android Browser

 

4. Aplikasi Email
Sebenarnya aplikasi email apapun yang Anda gunakan tidak menjadi masalah dan cukup menggunakan satu saja. Saya lebih suka menggunakan Gmail dalam hal apapun terutama karena kemudahan untuk beralih diantara beberapa akun email.

Aplikasi Email

Baca Juga: Instant Apps Fitur Baru Android Memungkinkan Kita Menggunakan Aplikasi Tanpa Menginstalnya


Alternatif lain yang tidak memiliki layanan spesifik seperti Google dengan Gmailnya adalah Blue Mail. Ini memungkinkan Anda beralih di antara beberapa jenis akun email, seperti Gmail, Yahoo Mail, dan Outlook.

5. Asus File Managaer
Mengelola informasi di perangkat Android Anda bisa menjadi lebih mudah, jika Anda menggunakan aplikasi yang tepat. Aplikasi Asus File Manager memberikan kemudahan dalam mencari informasi yang ada di handphone Anda.

Aplikasi Asus File Manager

Dengan menggunakan Asus File Manager, Anda dapat mengatur file dari ponsel dan penyimpanan awan Anda, termasuk Dropbox dan OneDrive. Anda dapat mengkompres sebuah file untuk menghemat ruang penyimpanan, serta memutar musik dan video dari File Manager.

6. LastPass Password Manager
Aplikasi ini bekerja dengan kombinasi antara vault dan autofill service, membuat kata sandi serta informasi login untuk semua situs yang Anda gunakan. Aplikasi ini dapat menghindarkan Anda dari kesulitan dalam hal mengingat sebuah  kata sandi. Dengan LastPass anda tidak perlu lagi mengingat semua kata sandi dan akun media sosial serta situs-situs lain yang memerlukan kata sandi.

Aplikasi LastPass Password Manager


Itulah enam aplikasi yang penting bagj Anda yang baru pertama kali menggunakan Android. Ada banyak aplikasi sejenis dengan yang disebutkan di atas., akan tetapi ke enam aplikasi tersebut merupakan salah satu yang terbaik sehingga Anda tidak perlu lagi bingung menentukan aplikasi aplikasi mana yang akan Anda gunakan.

Baca Juga: Keunggulan Dan Spesifikasi Lengkap Galaxy Note 8


YANG LAIN:

Komentar

Cari Artikel Lainnya Disini