Keunggulan Dan Spesifikasi Lengkap Galaxy Note 8
Muh. Ashhar Bustan

Keunggulan Dan Spesifikasi Lengkap Galaxy Note 8

Tadi malam atau tepatnya tanggal 23 Agustus pukul 22.00 WIB Samsung resmi meluncurkan Galaxy Note 8 yang berlangsung di Park Armory Avenue. Sesuai dengan informasi yang sudah banyak beredar Samsung benar-benar menghadirkan ponsel berkamera ganda pertama di seri terbaru keluarga Galaxy ini. Peneru Galaxy Note 8 ini menggunakan teknologi layar yang sama dengan S8 dan S8+ yaitu inifinity display dengan besel yang tipis. Banyak pembaruan yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy Note 8 dari seri sebelumnya terutama dari sisi kamera, prosesor, ram, s pen, dan aplikasi. Berikut spesifikasi lengkap Galaxy Note 8 yang juga menjadi keunggulannya dari segi hardware:

SPESIFIKASI GALAXY NOTE 8
Berat: 195 gram
Ukuran Layar: 6,3 inch, Infinity Super AMOLED (melengkung).
Resolusi: 2960 x 1440 pixel (521 ppi)
Ukuran (Dimensi): Tinggi 162.5 x Lebar 74.8 x Tebal 8.6 mm
Prosesor: Chipset Qualcomm Snapdragon 835 atau Exynos 8895
Memory (RAM): 6GB
Penyimpanan Internal: 64 GB/128 GB/256 GB
Slot microSD (Hybrid): Maksimum 256 GB
Kamera Belakang: Kamera ganda, yang pertama menggunakan 12 megapiksel, memiliki Dual Pixel F/1.7 dengan autofocus dan optical image stabilization. Kamera kedua 12 megapiksel dengan bukaan F/2.4 disertai autofocus dan optical image stabilization.
Kamera Depan: 8 Megapixel F/1.7 dengan autofocus
Fitur: Fingerprint, Iris scanner, Heart rate sensor, IP68 (tahan air), New S Pen Stylus, New Gear VR headset beserta aksesoris controller.
Bluetooth: 5.0
Wi-Fi: 802.11 a/b/g/n/ac dengan dual band support
USB: Type-C
Kapasitas Baterai: 3.300 mAh dengan fast charging, wireless fast-charging dan battery saving.
Sistem Operasi: Android 7.1.1 Nougat dengan Samsung UX

Baca Juga: Cara Mendapatkan ConsID dan SecretKey Untuk Bridging SIMRS GOS Dengan Aplikasi SEP BPJS Kesehatan


KEUNGGULAN GALAXY NOTE 8
Dual Kamera dan Serba Dual
Fitur dual kamera merupakan salah satu unggulan utamanya yang mengusung tagline 'serba dual'. Mulai dari dual camera, dual pixel, dan dual OIS yang terpasang di kamera utamanya. Di seri ini, Samsung menggunakan dual lens, dimana kedua kamera tersebut akan secara aktif menangkap objek foto. Dengan teknologi Auto Focus (AF) yang telah ditingkatkan, kamera depan dan belakang smartphone akan mampu melacak fokus dengan lebik baik tanpa harus takut kehilangan fokus kamera.

Masih soal kamera, Samsung juga hadirkan fitur Selective Focus untuk kamera belakangnya. Dengan fitur ini, pengguna dapat memilih ingin mengambil fokus belakang atau depan sebagai hasil fotonya. Fitur ini dapat digunakan baik saat akan mengambil foto atau pun hanya untuk preview foto saja. Samsung menghadirkan kamera depan berukuran 8 MP dan kamera belakang 12 MP untuk kedua lensanya. Kedua kamera di phablet ini memiliki aperture f/1,7 dan berkemampuan zoom hingga 10x.

S Pen
Ciri khas dari Galaxy Note adalah S Pen. S Pen mengalami peningkatan kemampuan dari seri sebelumnya. Memang, sudah bisa dipakai untuk menulis basah-basahan seperti di Note 7 karena sudah dapat IP68, namun tak hanya itu yang jadi unggulan. Bagi pengguna setia Note tentu sudah tak asing dengan fitur Screen Off Memo yang ada di Note sebelumnya. Di Note 5, fitur ini memang sudah memiliki kemampuan untuk mencatat, meskipun layar smartphone dalam keadaan mati. Sayangnya, kemampuan ini hanya bisa mengambil satu halaman saja. Sekarang di Galaxy Note 8 ini, Samsung ikut meningkatkan kemampuan Screen Off Memo. Tak hanya ditingkatkan jadi dua, tiga, atau sepuluh, tapi hingga 100 halaman memo di dalam aplikasi S Note.

Bukan hanya itu saja, S Pen baru ini juga dapat digunakan langsung, bahkan ketika stylus sedang tidak terpasang di slotnya. Di seri sebelumnya, pengguna harus memasang stylus S Pen tersebut kembali ke dalam slot sebelum S Pen dapat digunakan. Samsung pun sedikit memoles ujung S Pen agar lebih kecil dan tajam. Tujuannya supaya lebih sensitif sehingga dapat menulis atau menggambar sesuai goresan stylus di layar phablet ini.

Kemampuan untuk menerjemahkan tulisan di gambar atau foto juga mendapatkan peningkatan. Tak hanya kata per kata, tapi sudah bisa satu kalimat sekaligus. Fitur ini sebenarnya sudah pernah hadir di Galaxy Note 7, namun hanya untuk tulisan kata per kata saja.

Baca Juga: Rahasia Samsung Akhirnya Terbongkar: Galaxy S8 Active Segera Dirilis


Besel Tipis
Fitur ini sudah ada sejak seri Galaxy S8 dan S8+ akan tetapi Galaxy Note 8 merupakan seri Note pertama yang menggunakannya. Galaxy Note 8 menggunakan layar berukuran 6,3 inch dengan rasio aspek layar 18,5:9 dan menggunakan teknologi Infinity Display sehingga menonton video bisa lebih puas dengan layar lebar yang penuh.

Live Message
Fitur baru yang diperkenalkan di Galaxy Note 8 untuk mendukung kemampuan S Pen adalah Live Message. Fitur ini bisa ditemukan di dalam Air Command, pengguna Galaxy Note 8 dapat mengirim pesan, baik berupa tulisan atau gambar, yang akan berubah menjadi gambar bergerak. Namun, fitur ini hanya bisa aktif jika lawan bicaranya memiliki smartphone yang aplikasi pesannya sudah mendukung GIF. Sebagai tambahan, Samsung juga menambah jumlah fitur di Air Command dari hanya enam sebelumnya menjadi 10.

Apps Pair
Tidak hanya mengalami peningkatan dalam kemampuan layar dan stylus, Samsung juga menghadirkan deretan aplikasi baru di dalam Galaxy Note 8 ini. Salah satu aplikasi yang menjadi unggulan adalah aplikasi Pair. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan dua aplikasi sekaligus yang sebelumnya sudah dipasangkan secara manual. Saat aplikasi pasangan tersebut dibuka, maka akan muncul dengan tampilan layar split screen. Seperti misalnya ketika pengguna membuka aplikasi yang berpasangan, seperti Google Maps dan Instagram yang sebelumnya sudah dipasangkan. Saat salah satu aplikasi dibuka, maka kedua aplikasi akan muncul secara bersamaan dengan tampilan terpisah.

Bixby
Bixby sejatinya sudah diperkenalkan sejak seri galaxy S8 dan S8+ dan kali ini Samsung juga membenamkan asisten virtual Bixby ke dalam Galaxy Note 8 yang sudah terintegrasi dengan aplikasi-aplikasi lainnya. Pengguna bisa memberi instruksi via suara ke Bixby ketika sedang menggunakan aplikasi tertentu. Sebelumnya, Bixby hanya bisa digunakan di Korea Selatan dan Amerika Serikat saja akan tetapi asisten pintar Samsung ini dikabarkan telah bisa digunakan lebih dari 200 negara. Negara-negara yang dimaksud di antaranya adalah Inggris, Australia, Kanada, dan Afrika Selatan.

Baca Juga: 6 Aplikasi Penting Untuk Pengguna Android


YANG LAIN:

Komentar

Cari Artikel Lainnya Disini