Yang Sudah Daftar CPNS Periode I Bisa Mendaftar CPNS Periode II?
Muh. Ashhar Bustan

Yang Sudah Daftar CPNS Periode I Bisa Mendaftar CPNS Periode II?

Artikel ini saya tulis untuk menjawab pertanyaan banyak teman-teman mengenai apakah yang sudah mendaftar CPNS periode I bisa kembali mendaftar di pendaftaran CPNS periode II? Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa pemerintah kembali membuka pendaftaran CPNS periode II setelah sebelumnya pada bulan Agustus lalu pemerintah membuka pendaftaran CPNS periode pertama. Jika pada pendaftaran CPNS periode I pemerintah membuka pendaftaran untuk dua instansi yaitu Kementerian Hukum dan Ham serta Mahkamah Agung maka kini pada Periode II pemerintah membuka pendaftaran untuk 61 instansi yang terdiri atas 60 lembaga atau kementerian dan 1 pemernintah provinsi. Satun-satunya pemerintah provinsi yang mendapatkan jatah CPNS di periode II ini adalah Kalimantan Utara. Kalimantan Utara terletak di bagian utara Pulau Kalimantan. Provinsi ini berbatasan langsung dengan negara tetangga, yaitu Negara Bagian Sabah dan Serawak. Saat ini, Kalimantan Utara merupakan provinsi termuda Indonesia, resmi disahkan menjadi provinsi dalam rapat paripurna DPR pada tanggal 25 Oktober 2012 berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2012.

Ada 60 lembaga/kementerian yang mendapatkan alokasi CPNS di periode II. Setiap lembaga/kementerian memiliki persyaratan masing-masing. Kembali ke judul artikel ini yaitu mengenai pertanyaan teman-teman mengenai bisa tidaknya peserta CPNS periode I kembai mendaftar untuk CPNS periode II.

Baca Juga: Contoh Soal Intelegensi Umum Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Dan Pembahasannya


Dan jawabannya adalah BISA, sehingga teman-teman yang tidak lulus SKD pada pendaftaran CPNS periode I bisa kembali mendaftarkan diri ke salah satu instansi di Periode II. Teman-teman yang sudah melakukan registrasi di Periode I tidak perlu lagi melakukan registrasi di Periode II. Teman-teman cukup login di portal SSCN BKN menggunakan NIK dan password Periode I. Selanjutnya teman-teman cukup mengklik menu daftar dan memilih instansi mana yang akan didaftar dan jenis formasinya (umum/disabilitas fisik/putra-putri papua/lulusan terbaik).

Sebagai bahan belajar teman-teman bisa mencoba simulasi CAT CPNS Online atau mendownload simulasi CAT CPNS Offline. Saya juga sudah menuliskan artikel yang berisi contoh-contoh soal tes CPNS yang disertai kunci jawaban sebagai bahan belajar. Selain banyak membahas soal-soal CPNS, diperlukan juga strategi dalam menghadapi tes kompetensi dasar (SKD) CPNS agar bisa memaksimalkan waktu yang singkat.

Baca Juga: Link Download Pengumuman Seleksi Administrasi Kemenkumham


Baca Juga: Materi Soal Test Kompetensi Dasar (TKD) CPNS 2016 Menggunakan CAT


YANG LAIN:
Cari Artikel Lainnya Disini