Passing Grade Kelulusan CPNS Tahun 2017
Muh. Ashhar Bustan

Passing Grade Kelulusan CPNS Tahun 2017

Pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara telah menentukan Passing Grade atau Ambang Batas kelulusan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS tahun 2017. Sudah bisa dipastikan bahwa passing grade atau ambang batas kelulusan CPNS tahun ini mengalami peningkatan atau kenaikan dari tahun-tahun sebelumnya karena memang trendnya seperti itu. Peningkatan tersebut bertujuan untuk mendapatkan calon ASN yang berkualitas.

Nilai Ambang Batas TKD Seleksi CPNS 2013 yaitu TKP  = 126, TIU = 75 dan TWK = 70 sehingga totalnya = 271 dan tahun 2014 meningkat menjadi TKP = 127, TIU = 75 dan TWK = 75. Dan tahun ini pemerintah menetapkan passing grade atau ambang batas kelulusan yaitu:
TKP = 143
TIU = 80
TWK = 75

Total = 298

Baca Juga: Pengumuman Resmi Penerimaan CPNS Kementerian Kesehatan Tahun 2017


Sebagai catatan meskipun nilai total peserta sama atau lebih besar dari 298 akan tetapi jika salah satu dari TKP, TIU dan TWK tidak mencapai passing grade (ambang batas) maka peserta tetap dinyatakan gagal. Misalnya nilai peserta adalah 310 namun nilai TWKnya hanya 70 maka akan tetap dinyatakan tidak lulus. Mengingat nilai passing grade atau ambang batas kelulusan yang lumayan tinggi maka sebaiknya persiapkan diri Anda sebaik-baiknya, banyak belajar, berdoa dan tentunya jaga kesehatan menjelang tes. Silahkan baca tips menghadapai tes Kompetensi Dasar dan Materi-materi Seleksi Kompetensi Dasar untuk menambah amunisi teman-teman dalam mengahadapi Seleksi Kompetensi Dasar ini.

Saya juga sudah menuliskan beberapa soal tes intelegnsi umum dan pembahasannya, soal tes wawasan kebangsaan dan jawabannya, dan soal tes karakteristik pribadi dan jawabannya. Perlu untuk mempelajari contoh-contoh soal karena format soal Tes Kompetensi Dasar CPNS hampir selalu sama.

Baca Juga: Contoh Soal Intelegensi Umum Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Dan Pembahasannya


Dan satu lagi jangan pernah tergiur atau tergoda apabila ada yang menawarkan jasa untuk membantu meluluskan teman-teman sebagai CPNS karena saya jaminkan bahwa sekarang tidak ada lagi sistem jaman batu seperti itu. Yang harus teman-teman lakukan adalah belajar belajar belajar dan berdoa.

Baca Juga: Soal Tes Kompetensi Bidang (TKB) CPNS Kementerian Kesehatan Bagian II


YANG LAIN:

Komentar

Cari Artikel Lainnya Disini